PKL TAHAP 2 – Pengembangan Sistem Notifikasi & Peningkatan Performa Situs

PKL tahap 2 pun dimulai dari tanggal  17 September 2020 sampai dengan 25 September 2020. Kami mulai menginputakan seluruh data warga Desa Busungbiu dan pembuatan sistem notifikai. Warga desa Busung Biu Berjumlah 9817 orang, yang sudah berhasil diinputkan ke dalam sistem, kami meminta data warga tersebut langsung kepada pihak desa, awalnya setelah data selesai di export. sistem mengalami masalah yaitu proses loading dari sistem sangat lama. Kemdian kami memperbaikinya agar saat proses loading sistem kembali normal setelah diinputkan data dari warga Desa Busungbiu.

Pengembangan Sistem Notifikasi

Sistem notifikasi yang dipakai pada sistem dibangun yaitu menggunakan Notifikasi otomatis via WhatsApp dimana Administrator akan menirama notifikasi masuk ke WhatsApp mereka ketika ada warga yang membuat atau menggunakan layanan e-surat. Sedangkan dari sisi warga akan mendapat notifikasi yang masuk ke WhatsApp mereka jika surat sudah disetujui maupun ditolak. Alasan utama menggunakan Notifikasi via WhatsApp karena harga yang lebih murah dari SMS Gateway selain itu sebagian besar warga sudah menggunakan WhatsApp pada Smartphone mereka.

Layanan WhatsApp yang kami pakai yaitu dari situs http://fonnte.com/

Pengujian WhatsApp oleh Mentor

Peningkatan Performa

Setelah menginput banyak data warga muncul masalah dimana website terasa berat di load ketika mengakses menu user oleh sebab itu peningkatan performa dilakukan adalah memindah lokasi server dari US ke Indonesia serta penggunaan datatables.

Leave a Comment