Cara Mengatasi Masalah Custom Domain di Blogger

Cara Mengatasi Masalah Custom Domain di Blogger tidak bisa diakses tanpa www atau http.

aguswahyu.com – Sejak Google menambahkan dukungan sambungan aman (protokol https) di blogger, pengguna mengeluhkan adanya masalah yang terjadi pada blog mereka. Masalah yang di maksud di sini adalah domain akan menampilkan status “Error” saat pengunjung mengaksesnya tanpa non www atau http. Namun anehnya masalah ini hanya terjadi pada domain custom (aziendar.com) yang mengaktifkan protokol https. sementara untuk domain bawaaan blogger (namadomain.blogspot.com) tidak terjadi masalah.

BACA JUGA : JASA PEMBUATAN WEBSITE STREAMING MURAH

Setelah di telusuri lebih jauh ternyata masalah tersebut muncul karena terdapat opsi tersembunyi yang tidak kasat mata, yang mana opsi tersebut akan terlewati ketika pengguna yang meng-custom domain di platfom blogger kurang teliti.

Bagi kalian yang sedang mengalami masalah tersebut untuk segera memperbaikinya. Karena jika tidak visitor setia blog kalian yang sudah terbiasa mengunjungi dengan tanpa www atau http akan merasa kesulitan dan menemukan pesan error. Sehingga hal itu akan berdampak pada menurunnya akses pengunjung ke situs/blog kalian.

Cara memperbaiki masalah tersebut cukup mudah. Kamu cuma perlu masuk ke blogger.com > pilih blog yang sudah di custom domainnya > kemudian klik setelan > dasar > di bagian alamat blog klik edit yang berwrna hijau tua, maka akan muncul gambar seperti berikut.

Cara Mengatasi Masalah Custom Domain di Blogger

Pada biagian itu silahkan centang pada alihkan Aziendar.com ke www.aziendar.com. Jika sudah langsung klik tombol save atau simpan. Selanjutnya silahkan coba apakah situs kamu sudah bisa di-akses tanpa www atau http dengan menggunaka tap penyamaran.

Jika kamu menggunakan browser Chrome silahkan klik ikon … yang terletak di bagian pojok kanan atas dan klik Jendela penyamaran baru. Kamu juga bisa menggunakan akses cepat dengan ctrl + shift + N (windows) atau option + Shift + N (mac). Maka akan muncul jendela Chrome baru dengan warna hitam. Silahkan tulis dibagian address bar nama situs kamu tanpa www atau http. Lihat hasilnya apakah sudah bisa atau tetap tampil pesan error.

Apabila di Setelan domain pihak ketiga tadi saat kamu mengklik simpan terjadi pesan “error” atau “Anda tidak memiliki wewenang untuk domain ini” atau pesan semacamnya berarti kamu perlu mengecek setelan DNS Management di tempat kamu membeli domain. Buat 4 A record yang yang masing-masing terdiri dari empat alamat IP. Jika perlu kamu hapus dan buat Cname baru.  Pastikan ke-4 A record tersebut sudah di isi dengan benar. Kamu bisa meniru settingan di bawah ini jika tidak tau ara membuat A record.

aziendar.com

1200

A Address:

216.239.36.21

 

aziendar.com

1200

A Address:

216.239.38.21

 

aziendar.com

1200

A Address:

216.239.34.21

 

aziendar.com

1200

A Address:

216.239.32.21

 

zs4jav3z262m

1200

A Address:

gv-hstsdbdldshla.dv.googlehosted.com

(Ganti kode warna biru tersebut dengan kode unik yang terdapat di bagian pengaturan domain)

Untuk domain sialhkan ganti aziendar.com tersebut dengan nama domain kamu. Untuk setelan lainnya di samakan saja. Apabila masalah masih muncul dan kamu tetap tidak bisa klik simpan, maka kamu perlu mengeceknya apakah akun yang dipakai untuk masuk blog kamu adalah akun yang di-kaitkan dengan search console. Jika bukan kamu perlu logout dan masuk menggunakan akun google yang dibuat untuk memverifikasi situs kamu ke webmaster google.

Jika kamu tidak tau caranya silahkan ikuti langkah berikut ini. Buka laman https://search.google.com/ di cendela baru, maka akan muncul dua form property domain kepemilikan. Di form yang kedua tulis nama domain kamu dengan awalan https://www.namadomainkamu.com dan klik enter. Tunggu beberapa detik sampai muncul opsi verifikasi kepemilikan situs. Terdapat beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk memverifikasi situs kamu.

  • File HTML
  • Tag HTML
  • Analitis Google
  • Google Tag Manager
  • Penyedia Nama Domain

Agar lebih mudah verifikasinya silahkan gunakan Tag html. Klik tag html dan copas kodenyanya. Selanjutnya adalah kembali ke dasboard blogger kamu. Pergi ke bagian Tema > edit html. Di halaman pengeditan html silahkan cari kode <head> . Gunakan Ctrl+F untuk memunculkan kolom pencarian cepat. Tempel kode tag html tadi di bagian kode <head> sebelum tag penutup </head>. Jangan lupa untuk klik simpan tema yang berwarna kuning.

Cara Mengatasi Masalah Custom Domain di Blogger

Langkah selanjutnya adalah kembali ke search console . Di bagian properti yang tadi klik verifikasi. Tunggu hinga proses verifikasi selesai. Jika sudah silahkan lakukan pengaturan ulang alihkan domainmu.com kamu ke www.domainmu.com sebagaiama yang telah dijelaskan di atas tadi. Sekian dan terima kasih. Semoga artikel yang berjudul cara mengatasi masalah domain kustom di blogger yang tidak bisa di-akses tanpa www atau http. 

Terima kasih

Bagikan di :

Leave a Reply